Macam-macam integrasi

Muhammad Miftahul Huda / 1304505099
Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Integrasi dan Migrasi Sistem
I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

Salam "berbagi" untuk pengunjung yang sudah meluangkan sedikit waktu untuk membaca postingan Berbagi. Postingan saya kali ini membahas tentang berbagai jenis integrasi yang ada pada dunia IT. Penjelasan tentang apa itu integrasi sudah saya jelaskan di postingan saya yang berjudul Mengetahui Sistem - Integrasi - Migrasi.

Integrasi Database :
Integrasi database adalah database yang bertindak sebagai penyimpan data untuk berbagai aplikasi. sehingga terjadi integrasi data antara aplikasi-aplikasinya.

Integrasi database memerlukan sebuah skema yang memetekan seluruh aplikasi kliennya kedalam sebuah akun. Skema yang dihasilkan nanti antara lebih umum (general), lebih kompleks, atau mungkin keduanya. Koneksi yang dibuat antara database yang berbeda harus diuji dari berbagai perspektif untuk menjamin logikanya. Database yang berbeda bisa saja memiliki format ataupun program yang berbeda. Hal tadi akan menambah kompeksitas, tetapi bisa dicapai dengan logika pemrograman yang canggih (maju), juga sumber daya yang kuat.

Contoh sederhananya adalah LexisNexis®. Aplikasi ini menyediakan akses ke konten yang berasal dari publik, informasi yang sudah dipublikasikan, dan informasi online. File-file tadi masih dalam benuk aslinya, tetapi dengan logika yang kompleks dapat membuat user dapat mengidentifikasi sebuah berkas yang berada di berbagai database.

Integrasi Software :
Integrasi software adalah berbagai software aplikasi atau servis yang berjalan layaknya satu kesatuan software untuk memudahkan pemakaian. Bisanya integrasi software terjadi jika software mengirim (expor) atau memasukkan (impor) data-data secara real time dari software lain untuk mengerjakan tugas tertentu. Sehingga sebuah pekerjaan dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus membuka sebuah aplikasi yang berbeda untuk sebuah tujuan tertentu.

Contohnya adalah sebuah software yang memanfaatkan sebuah aplikasi untuk mem-back up database secara otomatis di sebuah lokasi.

Integrasi Middleware :
Middleware adalah software yang menyambungkan dua aplikasi yang terpisah, atau biasanya di ilustrasikan sebagai produk yang digunakan sebagai perekat (lem) antara aplikasi yang terpisah. Integrasi middleware merupakan gambaran sistem software yang memberikan servis runtime untuk komunikasi, integrasi aplikasi, memonitor, dan operasi.

Contohnya saat ini terdapat banyak middleware yang membuat koneksi antara web server dengan sistem database seperti ODBC, OLEDB, dan JDBC. Hal ini memungkinkan user untuk meminta (request) data dari database dalam artian sebagai form yang terlihat di web browser.

Sumber :
Fowler, Martin. Integration Database, http://martinfowler.com/bliki/IntegrationDatabase.html, (diakses 28 Februari 2015)


wiseGEEK. What Is an Integrated Database, http://www.wisegeek.com/what-is-an-integrated-database.htm,
(diakses 28 Februari 2015)

Elmblad, Shelley. Integrated Software, http://financialsoft.about.com/od/glossaryindexi/g/Integrated_def.htm, (diakses 28 Februari 2015)

Janssen, Cory. Integration Middleware, http://www.techopedia.com/definition/28054/integration-middleware,  (diakses 28 Februari 2015)


Written by

0 komentar: