Instalasi Xampp (Lampp) 1.7.3 pada Linux CentOS

Muhammad Miftahul Huda / 1304505099
Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Integrasi dan Migrasi Sistem
I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

Xampp adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi web. Hal ini dikarenakan Xampp merupakan aplikasi yang dibuat dari beberapa aplikasi keperluan server, seperti Apache web server, MySql database server, Mercury mail server, serta beberapa aplikasi server tambahan lainnya. Dengan Xampp kita dapat menjalankan bahasa pemrograman web seperti PHP dan Perl. Sehingga dengan hanya menginstal Xampp, kita tidak perlu lagi menginstal dan mengatur manual aplikasi server yang kita gunakan, karena Xampp sudah mengatur aplikasi servernya ketika diinstal.

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk menginstal Xampp (Lampp) pada Linux CentOS :
  1. Pertama, Kita harus kita harus masuk sebagai super user (root) agar dapat menggkses beberapa folder penting.

  2. Setelah itu ekstrak file Tar Xampp 1.7.3 ke dalam folder /opt

    Untuk program ekstrasi tergantung ekstensi file yang akan diekstrak. pada gambar diatas menggunakan perintah tar karena file installer Xampp yang didapat berupa file tar.

    Jika perintah yang dijalankan berhasil, maka akan ada proses ekstrasi yang ditampilkan pada terminal. Tunggu hingga proses ekstrasi tadi selesai.
  3. Setelah proses ekstrasi selesai, kita sudah dapat memulai aplikasi lampp yang berada di dalam direktori /opt/lampp. Dengan aplikasi ini, kita bisa menghidupkan servis dari Apache, Mysql, Mercury, serta FileZilla. Tapi karena saat pertama kali dipasang, password dari Apache, serta Mysql belum terseting, maka kita seting lewat aplikasi lampp tadi dengan memberikan paramater security sebagai tambahan dalam memanggil aplikasi lampp.

    Setelah itu ikuti langkah-langkah yang ditampilkan dalam terminal oleh aplikasi lampp un tuk menseting password pada Apache dan MySql.

  4. Sebelum mengkases web server serta aplikasi server yang tersedia di dalam Xampp, kita harus mengktifkan servernya terlebih dahulu, dengan cara menjalankan lampp dan diikuti dengan parameter start dibelakangnya.
  5. Selanjutnya kita sudah dapt mengakses webserver dengan menggunakan web browse. Pada web browser di kolom alamat url, ketikkan alamat localhost, atau alamat ip 127.0.0.1 yang mana ip tersebut adalah alamat yang merujuk ke pada web server di dalam PC. Setelah itu akan ada prompt, untuk kolo User masukkan lampp, sedangkan password masukkan password yang diseting pada tahap sebelumnya.

    Jika berhasil login akan ada tampilan awal untuk seting bahasa seperti berikut

  6. Setelah itu akan ada tampilan utama Xampp. Dari sini kita bisa mengakses beberapa fitur yang disediakan oleh Xampp, contohnya seperti PhpMyAdmin, dan webalizer.

  7. Karena kita sudah memberikan password pada MySql lewat aplikasi lampp tadi, maka saat kita mengakses PhpMyAdmin kita harus login terlebih dahulu. Untuk pertama kali user yang bisa diakses adalah root, sedangkan passwordnya sesuai dengan yang dimasukkan pada seting password tadi.


Written by

0 komentar: