Langkah-langkah Instalasi Linux CentoOS

Muhammad Miftahul Huda / 1304505099
Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Integrasi dan Migrasi Sistem
I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

CentOS adalah sebuah sistem operasi berbasis Linux. CentOS merupakan singkatan dari Comunity Enterprise Operating System. Distro Linux ini menawarkan sistem operasi berkelas enterprise seperti Red Hat. Hampir seluruh aplikasi atau servis pada Rad Hat dapat berjalan pada CentOS, hal ini dikarenakan CentOS dibangun dari kernel yang dibuat oleh Red Hat (RHEL).

Umumnya instalasi sistem operasi yang berbasis Linux hampir sama semua. Sehingga jika sudah pernah menginstal sebuah distro linux, tentu tidak akan kesulitan jika menginstal distro linux yang lain. Berikut ini adalah langkah-langkah menginstal sistem operasi Linux CentOS : 

  1. Jalankan installer Linux CentOS!

    Pada tampilan gambar diatas terdapat beberapa pilihan yaitu :
    • Install or upgrade an existing system : pilihan ini untuk menginstal sistem operasi CentOS untuk PC atau meng-upgrade ke versi yang lebih baru.
    • Install system with basic video driver : pilihan ini untuk melakukan instalasi dengan menggunakan driver video  standar yang tersediakan di dalam installer CentOS.
    • Rescue installed system : pilihan ini untuk menjalankan CentOS live version (CentOS versi kecil) yang berguna untuk membackup data pada PC atau, memperbaiki kerusakan sistem yang sudah terinstal sebelumnya.
    • Boot from local drive : pilihan ini untuk menjalankan sistem operasi CentOS pada hardisk master, tanpa menjalankan program apapun yang ada di dalam installer.
    • Memory test : pilihan ini untuk menjalankan tool memory test.

    Pada instalasi ini, pilih pilihan pertama.

  2. Tunggu hingga prosess pengecekan perangkat keras selesai!

  3. Setelah selesai pengecekan perangkat kearas, muncul menu untuk mengecek performa media intalasi. pilih "ok" jika ingin melakukan proses tersebut, atau "skip" untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

  4. Berikut adalah tampilan instalasi linux centos, pilih "next".

  5. Berikutnya adalah menu untuk memilih bahasa yang akan digunakan oleh OS. setelah selesai memilih bahasa click "next".

  6. Selanjutnya adalah memilih jenis keyboard yang akan digunakan. setelah selesai memilih, klik "selanjutnya" untuk melanjutkan.

  7. Langkah berikutnya adalah memilih jenis perangkat penyimpana untuk instalasi sistem. pilih pilihan pertama jika mamakai komputer atau laptop personal. pilihan kedua digunakan untuk perangkat-perangkat server.

  8. Setelah itu barulah installer akan mengecek penyimpanan kita.

  9. Pada tahap ini masukkan nama PC untuk identitas PC didalam jaringan.

  10. Pada langkah ini tentukan zona waktu untuk lokasi anda saat ini.

  11. Ini adalah tahap pengamanan, masukkan password untuk user root. lalu masukkan password yang sama pada textfield konfirmasi

  12. Berikut ini adalah berbagai pilihan dalam melakukan penginstalan Linux CentOS ke dalam hardisk.

    • Pilihan pertama akan memformat seluruh hardisk, lalu installer akan memasang file sistem ke dalam hardisk tersebut
    • Pilihan kedua akan memformat partisis file sistem sebelumnya saja. Dengan kata lain file sistem lama akan dihapus dan digantikan dengan file sistem yang baru, tanpa menghapus partisi lainnya.
    • Pilihan ketiga akan mengurangi jumlah ruang penyimpanan untuk dipindahkan ke partisi yang akan digunakan oleh installer.
    • Pilihan keempat akan membuat partisi untuk file sistem pada ruang penyimpanan yang tersisa.
    • Pilihan kelima digunakan untuk menentukan besar kapasitas yang diinginkan untuk setiap partisis file sistem.

    • Pada kasus ini, saya memilih pilihan keempat. Karena installer akan secara otomatis menentukan jumlah ruang penyimpanan untuk tiap partisi, dengan catatan ruang penyimpanan kita yang tersisa saat ini mencukupi. Gambar di bawah ini adalah proses pembuatan partisi yang dilakukan oleh installer sendiri.

  13. Tahap ini adalah tahap untuk menentukan instalasi dasar sistem kita.

    Seperti terlihat di dalam gambar, disana terdapat berbagai macam instalan default yang disediakan oleh CentOS. sehingga pengguna dapat menentukan sendiri jenis sistem operasi CentOS yang seperti apa yang mereka butuhkan. Contohnya:
    • Desktop : untuk pilihan ini, installer akan menambahkan beberapa aplikasi Office untuk penggunanya
    • Minimal Desktop : pilihan ini hanya menginstalkan file sistem dan GUI pada OS
    • Minimal : pilihan ini hanya mengintalkan CentOS versi minimalis yang berbasis CLI
    • untuk pilihan yang lain merupakan pilihan untuk para pengembang aplikasi maupun untuk keperluan server, sehingga akan ditambahkan beberapa service seperti webserver, databaseserver, kompiler, serta aplikasi hypervisor

  14. Tahap selanjutnya adalah tahap pemasangan file sistem serta program tambahan. Tahap ini berlangsung sesuai dengan paket instalasi yang dipilih.

  15. Setelah proses instalasi selesai akan ada form yang memberitahukan bahwa kita harus merestart komputer.

  16. Setelah komputer kembali berjalan, akan ada pemberitahuan bahwa kita harus melakukan beberapa tahap sebelum CentOS siap digunakan.

  17. Pertama kita harus menyetujui beberapa kebijakan yang diajukan oleh pengembang CentOS. Untuk itu pilih setuju, lalu klik tombol "mulai"!

  18. Setelah itu kita harus membuat User untuk login selain user root yang sudah dikonfigurasi dari awal. Pada tahap ini kita harus memasukkan nama User, nama lengkap, password, serta ferifikasi password.

  19. Terakhir adalah menentukan tanggal dan waktu untuk kompuer kita.

  20. Dan inilah tampilan login User pada CentOS. Pada tahap ini oengguna sudah dapat menggunakan OS dan aplikasi yang diisntal, menambah aplikasi atau menghapus aplikasi sesuai keinginan pengguna, serta mengkonfigurasi file sistem.


Written by

0 komentar: