Bermain dengan angka 9

Salam "berbagi" untuk pengunjung yang sedang mampir dan membaca postingan Berbagi yang pertama ini. Di postingan ini saya mau berbagi tentang angka sembilan. "Kenapa angka sembilan?", ya mungkin kutipan pertanyaan tadi sempat ada di pikiran pembaca yang budiman. Agar rasa penasaran anda terhadap angka sembilan di postingan ini hilang, saya akan jelaskan di paragraf selanjutnya tentang "permainan angka sembilan".

Sesuai janji penulis di paragraf atas tadi, maka saya selaku penulis akan mengungkap "permainan angka sembilan" sampai pembaca merasa puas dan berniat untuk mempraktekan permainan ini nanti. Seperti yang kita ketahuai, angka sembilan jika dikalikan dengan angka apapun (selain nol), lalu kita jumlahkan setiap angka hasil perkalian tadi hingga tersisa satu angka akan kita dapatkan lagi angka sembilan sebagai hasil penjumlahan tadi. Ternyata selain cara perkalian tadi, ada cara lain untuk mendapatkan sejumlah digit bilangan yang jika angka penyusunnya tadi dijumlahkan hingga tersisa satu angka akan didapatkan juga angka sembilan. Cara tersebut adalah operasi pengurangan.

Sekarang kita bahas "permainan angka sembilan". Seperti yang sudah saya tulis di paragraf sebelumnya, untuk mendapatkan angka sembilan kita bisa lakukan dengan operasi pengurangan dua buah bilangan. Bilangan yang kita pakai di permainan ini haraus terdiri dari tiga digit angka, dan tidak boleh ada angka yang sama di satu bilangan tadi untuk menghindari kegagalan trik, juga lebih dari bilangan 100 dan kurang dari 1000 alias bilangan ratusan. contohnya 123, 367, 409, dan lain-lain. permainan ini tidak perlu otak yang sangat pintar. Karena anak Empat SD saja bisa menggunakan trik ini kepada anak tiga SMP. Dan hasilnya sangat memuaskan, sang anak yang duduk di kelas tiga SMP terkagum-kagum. Dan berikut adalah  langkah-langkah permainan angka sembilan yang saya bicarakan.

  1. Anda memerlukan seseorang yang baik dalam menghitung. Karena hasil hitungan mereka tepat, dan ketepatan itulah yang kita perlu agar trik ini berjalan lancar.
  2. Suruh orang yang anda pilih tadi untuk memilih bilangan yang sesuai dengan aturan di atas tanpa memberitahukan kepada anda.
  3. Suruh lagi orang tadi untuk membalik susunan angka yang sudah dipilih dari belakang ke depan. Contoh : jika angka pertama adalah 459, maka setelah dibalik menjadi 954.
  4. Sekarang teman anda sudah memiliki dua buah bilangan ratusan. Lalu anda suruh orang tadi untuk mengurangkan dua bilangan tadi dengan aturan bilangan yang besar harus dikurangi bilngan yang kecil. Contoh : angka pertama 459, dan angka setelah dibalik 954. Jika dikurangi harus 954-459 (besar-kecil).
  5. Dan pada tahap inilah anda memperlihatkan kehebatan anda. Pada tahap ini anda cukup meminta angka digit terakhir dari operasi pengurangan tadi. Jika sudah disebutkan, anda tebak hasil pengurangan tadi dengan aturan berikut ini :
  • angka digit kedua adalah sembilan, dan ini pasti.
  • angka digit pertama adalah  sembilan dikurangi angka digit belakang (9-angka paling belakang).
      6. Selamat, anda berhail menjadi seorang The Master.....

Dan in adalah pembuktiannya
Bilangan pertama saya pilih 298, lalu saya balik urutan bilangan yadi dari belakang ke depan menjadi 892.
saya kurang ke dua bilangan tadi dari bilangan yang terbesar dikurangi bilangan yang terkecil, menjadi 892-298=594.... sukses
angka digit ke dua selalu sembilan....(iya)
angka digit pertama adalah sembilan kurang digit terakhir....(iya)

sekian postingan yang dapat saya bagikan. Terima kasih sudah membaca.
oh iya isi postingan ini bisa kalian muat di blog atau web yang kalian punya. tapi jangan lupa diberikan link sumbernya ya... salam blogger...


Written by

0 komentar: