Mengetahui Sistem - Integrasi - Migrasi

Muhammad Miftahul Huda / 1304505099
Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Integrasi dan Migrasi Sistem
I Putu Agus Eka Pratama, ST MT

Salam "berbagi" untuk pengunjung yang sudah meluangkan sedikit waktu untuk membaca postingan Berbagi. Postingan saya kali ini membahas tentang beberapa kata yaitu sistem, integrasi, dan terakhir migrasi. Kenapa dengan ketiga kata tadi? Kenapa saya membahas ketiga kata tadi dipostingan ini? Mungkin dari beberapa pembaca timbul pertanyaan tadi. Postingan ini saya buat untuk membahas ketiga kata tadi karena dapat tugas kuliah untuk menjelaskan kata sistem, integrasi, dan migrasi, serta contohnya. Berhubung tugas ini berkaitan dengan IT (yo dawg, saya kuliah di bidang IT, jadi dapat tugas tentang IT, yang pasti bahasannya tentang IT), jadi bahasnnya juga tidak jauh-jauh dari IT.

Sistem :
Secara etimologi kata sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Menurut Prof. Sumantri
Sistem adalah bagian-bagian yang bekerja bersama-sama untuk melakukan suatu tujuan.  Apabila salah satu bagian rusak atau tidak dapat menjalankan tugasnya, maka tujuan yang hendak dicapai tidak akan terpenuhi atau setidak-tidaknya sistem yang terwujud akan mendapat gangguan.
Dalam dunia IT, sistem adalah penggabungan antara software, hardware, dan brainware yang terintegrasi menjadi satu. Ada juga istilah sistem informasi yang berarti sebuah sistem yang memilki atau terdiri dari berbagai sub sistem di dalamnya, menggunakan teknologi, terdapat prosedur-prosedur yang teratur, serta membantu urusan manajemen.

Contoh menegenai sistem informasi adalah Sistem Informasi Penyewaan Sepeda. Dimana di dalam sisitem informasi ini terdapat beberapa sub sistem seperti sistem pembelian, sistem infentori dan perawatan, sistem penyewaan, maupun sistem pendaftaran member.

Integrasi :
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), integrasi adalah pembauran hingga menjadi kesatuan yang utuh dan bulat. Dalam dunia IT integrasi adalah adanya saling keterkaitan dalam sub sistem sehingga data dari satu sitem secara rutin dapat melintas, menuju atau diambil oleh satu atau lebih sistem yang lain.

Konsep utama dari integrasi sistem adalah membuat sebuah sistem sebagai jembatan antar sistem lain yang dimiliki agar data-data yang sama dapat digunakan secara langsung dan meminimalisir proses input ulang. Integrasi sistem akan menggabungkan komponen sub-sub sistem ke dalam satu sistem dan menjamin fungsi-fungsi dari sub sistem tersebut sebagai satu kesatuan sistem.

Contoh mengenai integrasi sistem adalah Sistem Informasi Penyewaan Sepeda yang terintegrasi dengan Sistem Pembayaran Online seperti PayPal.

Migrasi :
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), migrasi adalah perpindahan penduduk dari satu tempat (negara dan sebagainya) ke tempat (negara dan sebagainya) lain untuk menetap. Sedangkan dalam dunia IT migrasi adalah proses mentransfer bisnis proses sumber daya IT ke infrastruktur hardware yang baru atau software platform yang berbeda dengan tujuan untuk melanjutkan (mempertahankan) teknologi yang digunakan dan/atau untuk mendpatkan nilai bisnis yang lebih baik. Di semua kasus, arah perpindahan migrasi ke sistem yang dirasa lebih baik dari sistem yang masih digunakan.

Contoh mengenai migrasi sistem adalah proyek UGOS yang berada di UGM. Proyek ini bertujuan untuk menekan pengeluaran pihak UGM untuk membayar biaya lisensi dari penggunaan produk Microsoft, dengan menggunakan sistem operasi berbasis Linux.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan. Bila ada kekurangan,  kawan-kawan bisa membantu memperbaiki halaman ini dengan menyampaikannya lewat kolom komentar, jangan lupa untuk mengikut sertakan sumber acuannya. Kawan-kawan juga bisa mengambil halaman ini untuk disebar luaskan kembali, dengan syarat cantumkan link sumber blog ini.

akhir kata saya ucapkan terima kasih, selamat kembali beraktivitas.

sumber :

Wikipedia. (2015). Sistem, http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem, (diakses 26 Februari 2015)
Para Pakar. (2014). Pengertian Sistem Menurut Para Pakar, http://www.pengertianpakar.com/2014/10/pengertian-sistem-menurut-para-pakar.html, (diakses 26 Februari 2015)

Wijaksono, Andre. (2013). Pengertian Sistem Informasi, http://media.kompasiana.com/buku/2013/11/07/pengertian-sistem-informasi--606067.html,  (diakses 26 Februari 2015)

 Baharun, Fahmi. (2010). Integrasi Sistem Informasi, https://fahmibaharun.wordpress.com/2010/01/01/integrasi-sistem-informasi/, (diakses 26 Februari 2015)

Janssen, Cory. System Migration, http://www.techopedia.com/definition/16963/system-migration, (diakses 26 Februari 2015)


Written by

0 komentar: