Mengetahui ERP dan CRM

Muhammad Miftahul Huda / 1304505099
Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Integrasi dan Migrasi Sistem
I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

ERP

ERP (enterprise resource planning) merupakan manajemen bisnis proses software yang memungkinkan sebuah organisasi menggunakan aplikasi yang terintegrasi untuk mengatur fungsi back office yang terkait dengan teknologi, layanan, dan sumber daya manusia. software ERP mengintegrasi segala aspek dalam sebuah proyek, termasuk perencanaan produk, pengembangan, pembuatan, penjualan dan marketing.

software ERP dianggap sebagai aplikasi perusahaan karena software ERP dirancang untuk penggunaan bisnis skala besar dan biasanya ERP memerlukan tim kusus untuk mengubah dan menganalisa data yang ada di dalamnya dan untuk menangani upgrade dan peluncuran. sebaliknya, aplikasi ERP kecil merupakan solusi manajemen software bisnis yang ringan, disesuaikan untuk industri yang sesuai.

software ERP biasanya terdiri dari beberapa software perusahaan yang dibeli secara terpisah, berdasarkan pilihan terbaik sesuai kebutuhan dan kemampuan teknis sebuah organisasi. tujuan dasar dari sistem ERP adalah menyediakan tempat penyimpanan informasi yang terpusat untuk dibagikan ke berbagai aspek ERP guna menambah efisiensi arus data dalam perusahaan.

CRM CRM(customer relationship management) merupakan sebuah strategi dan kumpulan teknologi yang digunakan perusahaan untuk mengatur, menyimpan dan mengevaluasi interaksi pelanggan dengan tujuan meningkatkan angka penjualan dengan mendalami kebiasaan pelanggan agar dapat mempererat hubungan bisnis dengan pelanggan.

Sistem CRM didesain untuk mengolah informasi interaksi antara pelanggan dan perusahaan. sistem CRM dapat memberikan informasi pribadi pelanggan ke staff yang berurusan dengan pelanggan seperti riwayat belanja, kecenderungan pembelian dan pertimbangan pelanggan.

Sumber :
http://www.webopedia.com/TERM/E/ERP.html
http://searchcrm.techtarget.com/definition/CRM

Written by

0 komentar: