Keterkaitan Teknologi Integrasi

Muhammad Miftahul Huda / 1304505099
Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Integrasi dan Migrasi Sistem
I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

Dari semua teknologi pendukung integrasi yang sudah saya jelaskan pada postingan saya di 9 teknologi integrasi, terdapat keterkaitan antara kesembilan teknologi tersebut. Hal ini tentu saja terjadi karena pengembangan seluruh teknologi tersebut berasal dari pengembangan teknologi-teknologi sebelumnya dengan tujuan untuk memudahkan pengguna untuk saling bertukar data, serta kemampuan komputer untuk membantu manusia dalam menganalisa data.

Web server menyediakan layanan untuk berbagi data lewat internet browser. Data yang dibagikan dalam layanan web server dapat berupa halaman web, konten audio-video, maupun jenis berkas lainnya. Dalam pengembangan teknologi penyimpanan dan pengelolaan data dalam komputer, muncul teknologi database yang biasanya digunakan untuk keperluan administarsi data. Lalu munculah berbagai aplikasi desktop yang menggunakan teknologi database untuk menangani masalah-masalah pengelolaan data yang dibutuhkan oleh perusahaan maupun pemerintahan. Seiring waktu berjalan, manusia ingin proses penyimpanan data dan pengelolaannya dapat dilakukan secara online, sehingga dapat diakses dari mana saja oleh penggunanya. Sehingga terciptalah bahasa-bahasa pemrograman yang mampu bekerja di dalam web server, sehingga terjadi keterkaitan antara database dengan web server.

Tidak hanya sampai di sana, teknologi API yang awalnya digunakan dalam pemrograman desktop kini juga berperan dalam pemrograman untuk web server. Agar bahasa pemrograman dalam web server juga bisa mengakses database yang ada, unbtuk itu diperlukan API yang dapat digunakan oleh bahasa pemrograman web server dan mampu berjalan di dalam web server itu. Penggunaan API juga berperan dalam Data Warehouse. Dimana sebuah API digunakan untuk memfasilitasi berbagai macam aplikasi yang berbeda agar dapat berkomunikasi satu sama lain. Komunikasi santar aplikasi ini ditujukan untuk mengumpulkan data historis dari database setiap aplikasi tadi untuk disimpan dan dianalisa nanti di dalam Data mining untuk mencari informasi atau pengetahuan didalamnya.

Kembali lagi ke web server, Kemajuan teknologi web server yang dapat menyajikan serta menyimpan berbagai macam konten, menjadikan akses internet sebagai kebutuhan manusia. Lewat internet, komunikasi serta akses informasi sangat mudah didapat oleh penggunanya. Banyak bisnis-bisnis yang muncul akibat berkembangnya akses internet. Dari sana terciptalah OTT yang memanfaatkan akses internet sebagai transportasi data untuk penggunannya. Cloud Computing juga salah satu teknologi yang ada karena berkembangnya akses internet. Cloud Computing yang merupakan pengembangan teknologi visrtualisasi, memanfaatkan akses internet agar para penggunanya dapat mengakses konten-konten yang disediakan di dalmnya. Selain itu Cloud Computing juga berperan dalam integrasi data, sehingga diperlukan akses internet sebagai media transportasi datanya serta API sebagai alat komunikasinya. Salah satu bentuk dari integrasi itu adalah open data. dimana open data.

Dari seluruh keterkaitan teknologi tadi, ada sebuah teknologi yang mendukung proses kerja antar tiap teknologi, yaitu socket programming. Dengan socket programming seluruh aktivitas komunikasi klien-server dapat terjadi. Socket programming menggunakan API yang khusus mengatasi masalah jaringan, seperti menghubungkan komputer klien ke server hanya dengan satu baris perintah, dari pada menggunakan perintah bawaan kernel yang memerlukan rangkaian prosedur untuk melakukannya.


Written by

0 komentar: