PhreedomERP dan Instalasinya

Muhammad Miftahul Huda / 1304505099
Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Integrasi dan Migrasi Sistem
I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

PhreedomERP merupakan program akunting yang bersifat opensource. sebuah sistem ERP yang dibuat berbasis web. saat ini hampir semua perusahaan memerlukan ERP. PhreedomERP sendiri merupakan aplikasi antar platform yang ditulis dengan bahasa PHP dan dengan MySQL sebagai mesin database nya. dengan Phreedom, user dapat mengubah modul sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tujuan utama dari PhreedomERP adalah menyediakan tool manajemen multi-bahasa bagi perusahaan kecil yang berjalan dalam lingkungan internet. phreedom ditujukan sebagai solusi tanpa biaya untuk keperluan bisnis kecil. phreedom tidak tergantung pada platform dan juga tidak tergantung pada browser, serta dapat di terjemahkan kedalam berbagai bahasa.

Di bawah ini adalah langkah-langkah menginstal PhreedomERP pada Linux CentOS :
  1. Sebelum kita memasang PhreedomERP di dalam web server, alangkah baiknya kita membuat sebuah database terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan PhreedomERP memerlukan sebuah database saat proses pemasangannya. Database yang digunakan oleh Phreedom dapat menggunakan database yang sudah dimiliki oleh aplikasi lain, sehingga data antara aplikasi sebelumnya dan data dari Phreedom sendiri dapat saling terintegrasi di dalam satu database. Namun jika kita menginginkan database Phreedom berdiri sendiri, kita dapat membuat database baru untuk aplikasi Phreedom nanti gunakan.

    Gambar di atas adalah pembuatan database dengan menggunakan PhpMyAdmin.

  2. Selanjutnya ekstrak file Phreedom ke dalam web server kita. Untuk program ekstrasi yang digunakan terantung dari jenis file yang akan diekstrak. Lalu untuk menempatkan hasil ekstrasi ke dalam web server tergantung jenis web server yang digunakan. Pada contoh ini, file installer yang saya dapat adalah file zip, sehingga saya menggunakan perintah unzip. Lalu web server yang saya pakai adalah web server Apache yang disediakan oleh aplikasi Xampp (Lampp), sehingga hasil ekstrasi harus saya masukkan ke dalam folder htdocs yang ada di dalam direktori lampp.

  3. Proses ekstrasi akan ditampilkan oleh terminal. Tunggu hingga proses ekstrasi ini berhasil.

  4. Jika proses ekstrasi sudah berakhir, sekarang saatnya kita jalankan apliaksi PhreedomERP yang ada di dalam web server dengan menggunakan web broser. Pada web browser masukkan alamat localhost/ lalu diikuti dengan nama folder aplikasi PhreedomERP yang ada pada folder htdocs tadi. Jika berhasil, maka aplikasi ini akan meminta kita melakukan konfigurasi terlebih dahulu. Di bawah ini adalah tampilan awal saat pertama kali PhreedomERP dijalankan.

    Untuk lanjut ketahap berikutnya, setujui terlebih dahulu pernyataan yang diajukan, setelah itu pilih "continue".
  5. Setelah itu akan ada tahap pengecekan yang dilakukan oleh aplikasi Phreedom mengenai kebutuhan aplikasi Phreedom yang ditulis pada halaman persetujuan. Hal yang dasar yang dibutuhkan oleh Phreedom adalah hak akses untuk menulis file di dalam direktorinya. Untuk itu kita hasrus memeberika hak aksessnya dengan mengetikkan perintah

    chamod -R 777 [direktori_instalasi_phreedom]
  6. Setelah selesai memeferifikasi persiapan sistem, Phreedom akan menmpilkan halaman untuk mengisi data penting yang diperluka Phreedom sendiri, juga untuk administrator, seperti nama perusahaan, username admin, password admin, nama database, user dan password dari database, serta alamat webserver yangdigunakan.

    Jika sudah selesai mengisi form tadi, kilik next unruk melanjutkan ketahap selanjutnya.

  7. Jika berhasil, akan muncul halaman tentang langkah-langkah yang dapat dilakukan setelah instalasi selesai, serta beberapa dokumentasi mengenai PhreedomERP.

    Untuk lanjut ketahap selanjutnya klik "Go To Your Company"!

  8. Dan terakhir PhreedomERP siap digunakan. Ini adalah tampilan dari PhreedomERP setelah prosess konfigurasi selesai.
Sumber : erpsystem. Phreedom, http://www.erpsystem.net/open-source-erp-software/phreedom/, [diakses April 27-2015].

Written by

0 komentar: